Kamis, 29 November 2018

Bahan Baku dan Pekerja



  1. Definisi
a.       Purchasing cost
Merupakan biaya yang diminta oleh penjual, termasuk biaya pengiriman barang jikalau ada. Atau dapat diartikan sebagai biaya yang kita keluarkan untuk membeli atau mendapatkan barang
b.      Ordering Cost
Merupakan biaya yang akan dikeluarkan apabila pembelian menggunakan metode order atau pemesanan. Biaya ini nantinya akan di sesuaikan dengan purchase cost yang ada dalam invoice. Dalam hal ini, biaya dalam membuat persetujuan dan biaya pemprosesan khusus termasuk didalam ordering cost
c.       Carrying Cost
Merupakan biaya yang ada saat barang berada dalam persediaan. Termasuk biaya yang peluang investasi serta biaya terkait persediaan, seperti sewa gudang, asuransi, dan keusangan.
d.      Stockout Cost
Merupakan biaya yang timbul ketika perusahaan kehabisan barang persediaan. Ketika perusahaan butuh mere-stock barang dengan cepat, maka kemungkinan besar biaya pembelian barang akan lebih mahal, kelebihan biaya yanh dikeluarkan inilah yang di sebut stockout cost. Dalam hal lain, perusahaan membiarkan stock kosong, maka perusahaan akan kehilangan kesempatan mendapatkan keuntungan, hal ini juga disebut stockout cost
e.      Cost of Quality
Merupakan biaya yang timbul sebagai bentuk mempertahankan kualitas barang. Biaya ini terbagi menjadi 4 jenis yaitu, biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal, dan biaya kegagalan eksternal.
f.        Shrinkage Cost
Merupakan biaya yang timbul karena adanya penurunan persediaan diluar perkiraan. Biaya ink dihitung berdasarkan selisih antara persediaan dalam catatan dengan persediaan saat pengecekan fisik. Biaya ini cenderung meningkat searah dengan jumlah persediaan yang dimiliki perusahaan.
g.       Safety Stock
Merupakan persediaan yang dimaksudkan sebagai persediaan jaga – jaga. Hal ini dimaksudkan sebagai persediaan tambahan apabila terjadi peningkatan permintaan ataupun menghindari kekosongan persediaan akibat ketidaksediaan barang di supplier.
B.       Pembelian dan Penggunaan Material
Proses produksi dan kebutuhan bahan baku tiap perusahaan berbeda – beda, tergantung pada jenis usahanya masing – masing. Namun secara umum proses pembelian dan penggunaan material antara lain :
1.  Untuk setiap produk atau variasi produk, insinyur menentukan rute (routing) untuk setiap produk, yang merupakan urtan orprai yang dilakukan, dan sekaligus menetapkan daftar bahan baku yang diperlukan, yang merupakan daftar kebutuhan bahan baku untuk setiap langkah dalam urutan operasi tersebut.
2.  Anggaran produksi ( production budget ) menyedikan rencana utama, darimana rincian mengenai bahan baku dikembangkan.
3.  Bukti permintaan pembelian ( purchase requisition ) menginformasikan agen pembelian mengenai jumlah dan jenis bahan baku yang dibutuhkan.
4.  Pesanan pembelian ( purchase order ) merupakan kontrak atas jumlah yang harus dikirimkan.
5.  Laporan penerimaan (receiving report ) mengesahkan jumlah yang diterima, dan mungkin juga melaporkan hasil pemeriksaan dan pengujian mutu.
6.  Bukti permintaan bahan baku (material requisition) memberiakan wewenang bagi gudang untuk mengirimkan jenis dan jumlah tertentu dari bahan baku ke department tertentu pada waktu tertentu.
7.  Kartu catatan bahan baku ( material record card ) mencatat setiap penerimaan dan pengeluaran dari setiap jenis bahan baku dan berguna sebagai catatan persediaan perpetual.
C.       Economic Order Quality 
EOQ merupakan jumlah pembelian persediaan yang paling ekonomis atau yang memakan biaya paling sedikit. Dengan rumus akar pangkat 2 dari ( 2 x Annual Required Units x  Cost per order) / ( cost per unit of material x carrying cost percentage)

D.       Pengorganisasian dan pengendalian biaya tenaga kerja
Perencanaan dan pengendalian biaya tenaga kerja menyangkut beberapa masalah, antara lain :
1.       Kebutuhan tenaga kerja
2.       Penerimaan tenaga kerja
3.       Pelatihan tenaga kerja
4.       Pengukuran kinerja
5.       Uraian tugas dan penilaian
6.       Negosiasi dengan serikat pekerja
7.       Administrasi upah dan gaji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar